Senin, 30 Mei 2011

Beberapa Penjelasan dari Tes Jawab Singkat dan Urain materi Filsafat


Pada perkuliahan hari Kamis 19 Mei 2011, kami mahasiswa Pend. Matematika Swa ’08 mendapatkan ujian jawab singkat, dan berikut ulasan dari ujian tersebut:
Pertanyaan: Apa unsur terpenting dalam pendidikan karakter?
Jawab: Unsur terpenting dalam pendidikan karakter adalah komunikasi material, komunikasi formal, komunikasi normatif dan komunikasi spiritual. Pendidikan karakter harus ditanamkan pada sekolah-sekolah (pendidik) karena melalui pendidiklah siswa didiknya menjadi manusia yang berkarakter pula, selain itu materi pembelajaran yang diajarkan juga harus menanamkan nilai-nilai norma.
Pertanyaan: Siapa nama hantu pada elegi “Forum Tanya Jawab 2: Tema Hantu dan Kematian di kelas RSBI....?
Jawab : Hantu Casablanca. Kenapa disebut Casablanca? Karena ini merupakan salah satu tempat angker di Jakarta, dan menurut penduduk sana sering terlihat penampakan disana (hantu). Hantu memang ada didunia ini karena telah disebutkan dalam Al-Qur’an sehingga kita patut untuk  mempercayainya karena Tuhan memang menciptakan manusia dan jin.
Pertanyaan: 2 hal apa yang diperlukan dalam transformasi dunia
Jawab: Ruang dan waktu karena filsafat terikat oleh ruang dan waktu yang mempengaruhi dunia, termasuk perubahannya juga.
Pertanyaan: Apa definisi filsafat secara subjektif?
Jawab: Filsafat secara subjektif adalah diriku sendiri. Apa yang ada didalam diriku sendiri adalah filsafatku yang tidak akan pernah sama dengan filsafat orang lain.
Pertanyaan: Apa unsur dari bahasa?
Jawab: Subjek dan Predikat, keduanya merupakan unsur pembentuk bahasa karena keduanya tidak dapat berdiri sendiri-sendiri, yang masing-masing mempunyai peranan berbeda namun saling melengkapi.
Pertanyaan: Menurut imanuel Kant pikiran adalah?
Jawab : Dunia adalah pikirannku. Aku bisa memikirkan apapun tentang dunia, karena itulah definisiku. Dan dunia ada dalam separo duniaku, yang separonya lagi ada diluar pikiranku.
Pertanyaan: Siapa nama filsuf yang tidak tahu apa – apa?
Jawab : Socrates, karena filsafat Sokcates adalah aku ada jika aku bertanya. Dari sinilah Socrates bisa mengetahui akan semua hal.
Pertanyaan: Bagaimana aku bisa terbang?
Jawab: aku terbang dengan berpikir kritis. Dalam filsafat kita membutuhkan pikiran yang kritis, yang akan memberikan kebebasan kita untuk berpikir tentang apapun, yang berarti kita bisa terbang bebas kemanapun yang kita inginkan.
Pertanyaan: Apa yang tertinggi dari keilmuan?
Jawab : Saksi keilmuan, banyak orang mengaitkan bahwa penguasaan ilmu berkaitan dengan gelar. Gelar bukanlah satu-satunya ukuran untuk mengukur seberapa tinggi ilmu kita. Gelar tidak menjamin kita untuk sukses. Karena pada kenyataannya banyak orang yang tak mempunyai gelar yang ternyata memiliki ilmu lebih tinggi bila dibandingkan dengan orang yang mempunyai gelar, banyak orang pula yang sukses tanpa gelar. Namun sesungguhnya orang dikatakan mempunyai ilmu tinggi ketika ia telah mampu mengamalkan ilmu yang telah ia miliki.
Pertanyaan: Sifat yang satu dijatuhi oleh sifat yang lain disebut?
Jawab: Aksiden
Pertanyaan: Dosaku dikarenakan?
Jawab: Deterministku. Determinisme merupakan anggapan bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah akibat dari suatu sebab. Determinist merupakan orang yang selalu memaksakan kehendak kepada orang lain.
Pertanyaan: Siapakah penguasa dunia itu?
Jawab: Multi Faced, multi faced berarti bermuka banyak. Didunia ini banyak orang yang multi faced, terutama para petinggi negara.
Pertanyaan: Apa ilmu yang mempelajari tentang segala aturan dan hukum-hukum?
Jawab: Filsafat. Filsafat merupakan ilmu yang memberikan kebebasan untuk menggunakan akal pikirannya dalam tetapi tetap dalam kaidah agama yang didalamnya terkandung segala macam aturan.
Pertanyaan: Apa yang menghubungkan antara yang ada dan yang mungkin ada?
Jawab: Pikiran. Karena dengan pikiran kita bisa dengan bebas untuk memikirkan segala macam hal, termasuk yang mungkin ada
Pertanyaan: Apa unsur dari reduksi?
Jawab: Abstraksi. Abstraksi berkaitan dengan hal yang tidak mampu dilihat dengan mata karena hal yang kita lihat ini bersifat abstrak, dan mungkin hanya bisa dilihat dengan menggunakan hati dan pikiran.
Pertanyaan: Apa unsur kelengkapan?
Jawab: Idealisme. Idealisme merupakan paham yang menganggap bahwa realitas ini terdiri dari jiwa. ide dan pikiran. Ketika kita mempunyai sebuah cita-cita dan kita bisa untuk mewujudkannya maka sesungguhnya kita telah berhasil untuk menggapai idealisme itu, namun ketika cita-cita itu tidak terwujud, yang ada hanyalah sebuah mimpi.
Pertanyaan: Apa anti filsafat?
Jawab: Filsafat. Karena makna dari kata anti tersebut merupakan lawan dari filsafat, sehingga makna dari anti filsafat itu sendiri adalah filsafat

Pertanyaan: Mengapa para filsuf tidak bisa lari dari filsafat?
Jawab: Karena filsafat sesungguhnya adalah para filsuf itu sendiri. Filsafat merupakan hasil buah pikiran para filsuf sehingga filsuf tidak bisa lari dari filsafat.
Pertanyaan: Siapa orang paling seksi dalam elegi Pak Marsigit?
Jawab: Obama. Karena beliau mempunyai kekuasaan yang bisa berpengaruh pada dunia.

Pertanyaan: Apa itu gunung super?
Jawab: Danau Toba. Berdasarkan referensi yang pernah saya baca, Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer di Sumatera Utara, Sumatera, Indonesia. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.
Pertanyaan: Siapakah yang terlibat dari forum tanya jawab: tes jawab singkat?
Jawab: Mahasiswa, Pak Marsigit, elegi. Mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti tes dan memberi comment elegi dalam blognya Pak Marsigit sebagai wujud dari mengikuti kuliah online. Sedangkan Pak Marsigit berkewajiban untuk memberikan tes-tes sebagai bentuk adanya perkuliahan formal dan elegi merupakan pemikiran Pak Marsigit dalam filsafat.
Pertanyaan: Apa filsafat dari hidup adalah pilihan ?
Jawab: Reduksitisme. Reduksitisme adalah paham yang mengurangi segala sesuatu untuk menjadi satu pilihan. Hidup merupakan pilihan, karena kehidupan ini memang diwarnai dengan beberapa pilihan yang harus kita tentukan salah satunya.
Pertanyaan: Apa filsafatnya burung berkicau pagi hari?
Jawab: Inovasi. Inovasi adalah perbuatan menuju kearah yang lebih baik yang erat kaitannya dengan kreatifitas. Dan mungkin apabila dikaitkan dengan burung dipagi hari karena pagi hari merupakan awal dari hari kita, dan kicauan burung itu diharapkan bisa memberikan semangat untuk menjalani hari yang mungkin bisa memberikan inovasi baru bagi kita.
Pertanyaan: Apa filsafatnya jangkring mengerik sore hari?
Jawab: Tradisional. Jangkrik tak bisa dilepaskan dari tradisional karena jangkrik hanya ada dipedesaan yang itu menunjukkan adanya kehidupan tradisional
Pertanyaan: Apa sesuatu yang tidak pernah selesai?
Jawab: Infinite Regress. Infinite berarti tidak memiliki batas, yang kita tidak tahu dimana akan berakhir.
Pertanyaan: Apa unsur terpenting membangun dunia?
Jawab: Aku dan bukan aku. Dunia dibangun dengan aku dan bukan aku, yang akan bersatu untuk membangun dunia, kita akan saling melengkapi.
 Demikian ulasan tes jawab singkat pada perkuliahan Kamis, 19 Mei 2011.
Referensi:
buku tentang asal mula suatu daerah.

*Point dari penjelasan materi dari Pak Marsigit
Tiga pilar filsafat bisa menjadi sumbu-sumbu kehidupan, yang mempunyai beberapa bagian didalamnya, yang masing-masing mempunyai peranan. Sumbu ontologi merupakan hakekat akan suatu hal yang ada yang yang mungkin ada. Sumbu epistimologi bisa berarti benar atau salah, tetapi sumber pengetahuan bisa menjadi poundation dan anti poundation, koheren, dan rohersif. Sedangkan sumbu aksiologi merupakan baik buruknya tentang suatu hal, yang didalamnya terkandung nilai-nilai etik dan estetika, serta transenden yang bisa berakibat menjadi mitos ataupun logos. Didalam sumbu-sumbu tersebut juga terdapat 2 kutub, yaitu ruang (yang bisa berarti jauh dekat, sempit luas), dan waktu (yang bisa berarti sekarang, yang lalu, dan akan datang). Sumbu yang satu menjadi pokok bagi sumbu yang lain karena sumbu-sumbu itu tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Facebook
Kemajuan teknologi saat ini sangatlah pesat. Untuk itu kita perlu untuk menyaring berbagai macam teknologi yang ada. Saat ini dunia maya menjadi trend utama dalam kehidupan kita, misalnya facebook. Kemajuan teknologi itu tak patut jika kita salahkan karena yang salah sebenarnya dalam hal ini adalah pelakunya sendiri, karena semuanya tergantung niat bagaimana kita mau memanfaatkannya. Seharusnya dari dunia maya pun kita patut bersyukur karena jaman sekarang segalan sesuatunya serba mudah.

Disaat orang yang telah lama menikah dan mereka mendambakan datangnya seorang anak, maka mereka mengadopsi anak untuk “mancing anak” (dalam istilah jawa). Mereka berusaha untuk mencari hubungannya, yang lama kelamaan bisa menjadi mitos kalau tidak dijelaskan. Dan tidak semua pertanyaan bisa dijawab, tidak semua jawaban bisa ditulis.


Hubungan antara subjek dan objek
Tiadalah objek tidak pernah menjadi subjek, pasti objek akan jadi subjek. Subjek dari segala subjek atau subjek absolut adalah Tuhan. Tiadalah setinggi-tingginya subjek dalam diri manusia karena manusia sebagai subjek yang terbatas.

Apakah mitos bermanfaat?
Mitos banyak berkembang dalam kehidupan kita. Dan ternyata kalau kita telusur lebih jauh lagi, kebanyakan pikiran anak kecil merupakan mitos karena mereka belum bisa bertanya “mengapa”. Mitos penting untuk berjalan sesuai dengan dimensi yang ada, yang tidak perlu untuk dibuang. Apabila ada unsur aspek kehidupan yang bisa dihilangkan, mereka akan kehilangan unsur dasar. Dan ternyata banyak pengetahuan yang cukup untuk dimitoskan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar